Senin, 18 Juni 2012

Keripik Pisang


 Kripik Pisang


Lingkungan saya merupakan daerah yang agraris, masih banyak lahan pertanian dan lahan pertanian tersebut banyak digunakan untuk menanam pohon pisang karena kondisi tanah tersebut sangat cocok sekali untuk penanaman pohon pisang, namun pisang bukanlah kebutuhan pokok di daerah saya maka ketika mereka panen mereka kebingungan akan menjual pisang ini kemana, saya semakin prihatin dengan kondisi seperti itu,
Dengan melihat kondisi seperti itu saya akan membuat sebuah usaha yang pastinya dapat membantu kesulitan - kesulitan yang sedang terjadi di daerah saya yaitu dengan membantu masyarakat yang mempunyai lahan pertanian pohon pisang dan juga membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Saya akan membuat keripik pisang, dengan seperti itu para petani yang menanam pohon pisang tidak akan lagi kebingungan untuk menjual hasil panennya dan dengan saya membuat keripik pisang ini saya juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka pengangguran dapat berkurang.
Secara garis besar tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan ringan) ini adalah :
  1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi 
  2. Untuk menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
  3. Dapat membantu para petani yang menanam pohon pisang
  4. Memasarkan produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar
  5. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan. Apalagi pisang Sebagai buah yang mengandung vitamin C dan kaya kandungan gizi, Maka dari itu saya akan membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang berbeda yaitu dengan memberi campuran aroma dan rasa (asin, manis, cokelat, keju, dan ayam bawang, ). Bertujuan agar konsumen tidak merasa bosan. Selain inovasi tersebut saya akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik dengan  harga yang relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.
A.      Alat dan Bahan
Proses pembuatan keripik pisang ini cukup mudah dan sederhana, dalam proses pembuatannya dibutuhkan alat dan bahan.
Alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini diantaranya adalah :
o    Penggorengan (wajan) dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk proses penggorengan.
o    Parutan pisang atau pisau digunakan untuk memotong pisang
o    Tungku, penggunaan tungku karena agar dalam proses penggorengan dapat menghasilkan panas api yang cukup, karena jika menggunakan kompor gas bukan hanya karena boros saja melainkan api yang dihasilkannya pun kurang
o    Pisang, secara umum pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini yaitu pisang nangka dan gepok, karena pisang ini lebih enak dan gurih.
B.      Contoh Bahan dan Produk Jadi
Adapun contoh bahan dan produk jadi yang saya hasilkan bertujuan mempermudah para pembaca untuk mempermudah memahami bisnis yang saya jalankan saat ini.







   By : Saryanto

   


   
  


   
  

 
                   





 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar